Manual Aplikasi {{defv.versiapp}}
A. Role user dibagi menjadi :1.owner (pemilik perusahaan) --> mendapat full menu termasuk report transaksi realtime dan historical,dll
2.admin mendapat full menu, bisa menginput master barang,menambah cabang,menambah user,reset passwd user,input master pelanggan,akses report utk seluruh,dll
3.bendahara pusat utk mengapprove/validasi closing kas yg dilakukan oleh cabang (saat ini approval bisa jg dilakukan oleh role admin maupun owner,bisa diubah sesuai kebutuhan)
4.supervisor -->blm dipake (tergantung kebutuhan dilapangan)
5.kasir cabang --> bisa menginput pembelian,penjualan,closing,melihat history penjualan,pembelian,closing hanya di cabang tersebut dll
6.karyawan biasa --> untuk mengisi field pengirim (sopir) pada saat melakukan pengiriman barang
B. Penggunaan Aplikasi:
1.Buat toko pada menu register login (aplikasi ini mendukung utk multi usaha)
2.Buat kantor cabang (defaultnya hanya ada Kantor Pusat), aplikasi ini mengakomodir usaha dengan beberapa kantor cabang
3.Buat user kasir utk masing2 cabang di menu pengaturan user (bukan di menu login)
4.Input master barang(semua barang maupun bahan,utk jenis barang bisa ditambah dengan klik icon +) serta master pelanggan(di pengaturan pelanggan jika ada)
5.Setiap komputer yg akan digunakan oleh kasir harus disetting terlebih dahulu oleh admin (menu pengaturan cabang > setting PC), user kasir yg di set di cabang A
hanya bisa login di komputer cabang A
6.Apabila Kantor pusat akan mengirimkan bahan/barang ke kantor cabang,input di menu pengiriman dg catatan list barang yg akan dikirim harus sudah didaftarkan di menu persediaan barang cabang tujuan.
7.Untuk melihat atau mengkill user/kasir gunakan menu pengaturan user > aktif session
8.Pastikan settingan tanggal dan jam di PC cabang sesuai,kalo tdk sesuai akan otomatis logout
9.Closing hanya bisa dilakukan apabila minimal ada 1 item barang sudah dilakukan rekonsiliasi stok, apabila terdapat kendala pada hari tsb, closing bisa dilakukan hari berikutnya di menu closing mode grid oleh admin, rekonsiliasi stok ini otomatis akan mengubah stok sesuai dg jumlah cek fisik
10.Diskon bisa 2 pilihan satuan, persen dan rupiah,jika nilainya antara 0-100 maka dianggap persen,lebih dari itu adalah satuan rupiah
11.Untuk mencatat pesanan, gunakan menu input pesanan, DP isi 0 jika pelanggan tidak memberikan DP
12.Jika Pada saat pengambilan pesanan ada perubahan item pesanan, gunakan menu edit pesanan di icon pensil pojok kanan (kolom action)
13.Gunakan Input cicilan untuk merekam pembayaran pesanan, uang ini akan otomatis terakumulasi pada data closing kasir, Jika sudah lunas jangan lupa set lunas utk pesanan tersebut
14.Jika pesanan sudah diambil/dikirim ke pelanggan jangan lupa set pesanan diterima, proses ini akan otomatis mengurangi stok barang (masuk penjualan)
15.Untuk Akun Pabrik, gunakan menu "Lihat Pesanan" untuk memonitor daftar pesanan dari seluruh outlet
C. User kasir login di komputer cabang menggunakan user yg telah didaftarkan oleh admin
1.Pilih jenis2 roti yg dijual di cabang tersebut di menu "persediaan barang" (karena tiap cabang bisa jd beda barang yg dijual,item yg ditambahkan harus sudah ada di master barang pusat)
kemudian klik menu download master (barang & pelanggan) agar jika koneksi internet terputus kasir ttp bisa melayani transaksi (input penjualan)
2.Jika ada kiriman roti/bahan dr pusat input di menu "pembelian" > klik icon box penerimaan,cek detil kiriman barang -- >ini akan otomatis menambah stok barang/bahan dicabang tsb
3.Untuk melayani pembelian dari customer gunakan menu "input penjualan" --> otomatis akan mengurangi stok
4.Untuk proses closing, kasir bisa menginput stok masing2 barang agar bisa di rekonsiliasi dg system -->ini bisa langsung dimonitor dipusat
5.Untuk penyesuaian stok ,misal ada barang yg hilang/rusak/retur bisa di input di menu penyesuaian stok (dlm menu "persediaan barang" klo mau mengurangi tinggal isikan nilai minus) -->ini bisa langsung dimonitor dipusat
6.Closing dapat dilakukan lebih dari satu kali oleh kasir yg berbeda shift dalam perhari (jika kasir dibagi menjadi beberapa shit,maka kasir shift sebelumnya harus melakukan closing sebelum pulang),summary data closing adalah perkasir(bisa disesuaikan apabila ada kebutuhan lain),jumlah setoran yg diinput adalah total uang yg ada dilocker hasil penjualan pada hari tsb, data closing perlu divalidasi oleh bendahara dipusat
D. Central report (admin dan owner)
1.Dapat memantau transaksi(pembelian,penjualan,closing) yg dilakukan oleh seluruh cabang secara realtime
2.Monitoring stok barang di seluruh cabang secara realtime
3.Melihat trend grafik bulanan untuk penjualan percabang utk seluruh cabang
E. FAQ
1.Pada saat login eror "User belum tervalidasi, artinya PC/Device yg digunakan oleh user tsb belum disetting sbg milik toko cabang bersangkutan , lihat point B no.5
2.Untuk Versi Android, scan barcode eror :Pastikan permission camera untuk aplikasi Pos sudah di allow
3.Data Stok belum update?
Table master barang terdapat di dua lokasi: 1 di server pusat dan 1 lagi dilokal (masing2 pc user)
Data yang ada dimenu persediaan barang menampilkan data dari server pusat, sedangkan ketika kita melakukan transaksi penjualan, pengisian nama barang berdasarkan list dari data yang ada dilokal pc.
Catatan: ketika kita melakukan transaksi penjualan,input barang masuk atau rekonsiliasi closing, diperlukan waktu sekitar 15 detik agar data tsb terkirim ke server pusat (stok otomatis terupdate apabila koneksi internet lancar)
Alasan pembuatan data master dilokal adalah terkait dengan Performance dan kecepatan Pelayanan, sehingga apabila koneksi internet tidak stabil/putus2,.kasir tetap dapat melayani penjualan dan data transaksinya akan otomatis terkirim ke server apabila koneksi internet sudah kembali tersambung.
4.Pertanyaan, Masukan dan Request Enterprise (Dedicated Server) silahkan WA ke 0817805056
.